Arsitektur adalah seni yang dilakukan oleh setiap individu untuk mengimajinasikan diri dan ilmu mereka dalam merancang bangunan. Dalam artian yang lebih luas, arsitektur mencakup merancang dan membangun keseluruhan lingkungan binaan, mulai dari level makro yaitu perencanaan kota, perancangan perkotaan, arsitektur lanskap, hingga ke level mikro yaitu desain bangunan, desain perabot dan desain produk. Arsitektur juga merujuk pada hasil-hasil proses perancangan tersebut.

Lingkup arsitektur tidak terlepas dari seni dan desain bangunan, hal ini sejalan dengan fungsi Acp, yaitu selain melindungi juga berfungsi untuk memberikan wajah atau bentuk dari bangunan. Acp memberikan sentuhan dekoratif yang dapat menambahkan nilai artistik dari bangunan. Orang yang ahli pada bidang ilmu arsitektur adalah arsitek, fungsi Acp mempermudah arsitek mewujudkan keinginannya untuk merealisasikan pekerjaannya

Arsitek dan Acp

Arsitek adalah seorang ahli di bidang ilmu arsitektur, ahli rancang bangun atau ahli lingkungan binaan dengan lingkup pekerjaan lingkup pekerjaan mulai dari lingkup interior ruangan, lingkup bangunan, lingkup kompleks bangunan, sampai dengan lingkup kota dan regional.

Dalam pelaksanaan pekerjaan kontruksi arsitek berperan sebagai pendamping, atau wakil dari pemberi tugas (pemilik bangunan) untuk mengawasi agar pelaksanaan di lapangan/proyek sesuai dengan bestek dan perjanjian yang telah dibuat. Dalam proyek yang besar, arsitek berperan sebagai direksi, dan memiliki hak untuk mengontrol pekerjaan yang dilakukan kontraktor. Bilamana terjadi penyimpangan di lapangan, arsitek berhak menghentikan, memerintahkan perbaikan atau membongkar bagian yang tidak memenuhi persyaratan yang disepakati.

Peran arsitek dalam pekerjaan acp adalah, arsitek memberikan bentuk acp yang akan dipasang, menetapkan syarat pemasangan, kualitas material dan berhak menghentikan, memerintahkan perbaikan atau membongkar bagian yang tidak memenuhi persyaratan yang disepakati.

logo whastapp gambar hp