Jenis fungsi dan kelebihan Aluminium

Aluminium adalah salah satu material bangunan yang pasti selalu ada, biasanya digunakan sebagai kusen. Tapi kini, penggunaan material ini semakin meluas. aluminium juga biasa digunakan sebagai ceiling plafond, curtain wall, furniture, jendela, louvre, partisi, pintu, plafond composite panel, shopfront, skylight, spandek, spandrel dan lain sebagainya.

Penggunaan Aluminium

Saat ini penggunaan kayu sebagai material konstruksi bangunan, sudah mulai ditinggalkan. Selain ketersediaan kayu yang sudah mulai berkurang, harga pengadaan material kayu juga relatif lebih mahal. Aluminium telah menjadi pilihan utama untuk menggantikan peran kayu pada bangunan. biasa digunakan sebagai ceiling plafond, curtain wall, furniture, jendela, louvre, partisi, pintu, plafond composite panel, shopfront, skylight, spandek, spandrel dan lain sebagainya

Kelebihan Aluminium

Jika saat ini anda sedang memikirkan jenis material pintu dan jendela yang akan anda gunakan pada bangunan rumah, kantor, gedung atau proyek arsitektur lainnya. Maka kami merekomendasikan agar anda menggunakan pintu kaca dan jendela yang menggunakan kusen aluminium. Manfaat dan keuntungannya adalah

  • Mudah dalam menggunakannya dan perawatannya
  • Penampilannya dapat dimodifikasi sesuai dengan keinginan anda, misalnya anda ingin pintu dan jendela aluminium anda terlihat seperti berbahan kayu, maka kami dapat memodifikasi agar terlihat menyerupai kayu dan bentuk lainya.
  • Dapat dilengkapi dengan berbagai macam pilihan kaca � dengan karakteristik yang berbeda, dan ketebalan dan warna.
  • Tersedia dalam berbagai ukuran, dapat disesuaikan dengan keinginan anda atau keadaan bangunan yang akan dipasangkan pintu dan jendela.
  • Tersedia dalam berbagai cara atau variasi pada pembukaan pintu dan jendela, dapat disesuaikan dengan keinginan anda atau keadaan bangunan yang akan dipasangkan pintu dan jendela.
  • Tahan lama.
  • Tahan terhadap korosi (karat) dan efek berbahaya lainnya dari lingkungan.
  • Dapat dimodifikasi agar pintu dan jendela aluminium juga dapat berfungsi sebagai peredam suara.

Plat Aluminium

Plat aluminium adalah lembaran yang terbuat dari perpaduan antara magnesium dan chromium, yang diproduksi dalam bentuk lembaran.


Series

Seri plat produk ini terdiri atas seri 1100, 5052, 5083, 6061 dan seri 7075, semakin tinggi nomor serinya semakin bagus kualitasnya. Untuk keperluan sehari dan yang paling banyak digunakan adalah seri 1100. Sementara seri 5083 dan 7075 paling banyak digunakan untuk keperluan maritime, karena lebih kuat dan tahan terhadap cuaca laut yang ekstrim.


Motif atau texture

Plat yang beredar dipasaran terdiri dari beberapa motif atau texture. Ada yang motif bordes atau motif kembang, motif embos atau motif kulit jeruk dan yang paling umum adalah motif polos, dimana permukaan plat aluminium nya polos atau rata. Dan ada juga yang berbentuk golongan atau roll yang disebut dengan aluminium foil.


Dimensi

Sebelum membeli plat aluminium anda harus tahu dulu dimensi atau ukuran yang anda butuhkan, untuk ketebalan, produk ini diproduksi dengan tebal mulai dari tebal 0.15mm hingga 2.5cm. ukurannya yaitu lebar 1.2 meter dan panjang 2.4 meter. Anda juga dapat memesan dengan ukuran khusus yaitu 1.5 x 3 meter.


Penggunaan

Plat aluminium digunakan untuk pelapis kapal-kapal kecil dan tabung bodi pesawat, sementara pada kehidupan sehari-hari cukup banyak ditemukan, seperti halte busway, halte busway menggunakan material ini sebagai injakan kaki. Tipe plat yang digunakan pada busway adalah tipe bordes.

Dan juga digunakan sebagai kemasan atau wadah terhadap benda-benda yang mudah terbakar. Walaupun produk ini terbuat dari bahan kimia, namun aluminium juga digunakan sebagai tangki bahan kimia, tentunya bahan kimia ini tidak memiliki reaksi kimia yang merugikan dengan wadahnya.

Plat aluminium digunakan juga pada proses pembuatan composite panel, seperti diketahui bahwa Acp terdiri atas lembaran inti berupa PE atau bahan tahan api lainnya yang dilapisi oleh dua lembar plat aluminium. Bagian yang diwarnai pada panel composite adalah plat aluminium.

Hollow aluminium

Hollow aluminium adalah salah satu hasil dari ekstrusi yaitu aluminium yang dicetak berbentuk kotak dan persegi panjang. Material ini biasanya digunakan sebagai rangka, salah satunya rangka untuk memasang acp.

Ukuran hollow adalah 20mm x 20mm, 25mm x 25mm, 25mm x 38mm, 3mm x 38mm, 25mm x 40mm, 40mm x 4mm dan banyak lagi ukuran lainnya. Untuk pemasangan Acp ukuran hollow yang digunakan adalah kombinasi dari ukuran 25x38mm atau 25x40mm dan 38x38mm atau 40x40mm.

Hollow diproduksi dengan ketebalan mulai dari 0.5mm hingga lebih dari 2mm. Untuk pemasangan Acp tebal hollow yang digunakan adalah tebal 0.9mm hingga 1.2mm, tergantung dari kondisi pemasangan dan permintaan pelanggan.

Motif atau texture hollow aluminium beraneka ragam, mulai dari yang polos warna Mf, warna Ca hingga warna putih susu dan motif kayu. Untuk pemasangan Acp, biasanya hollow yang digunakan adalah hollow aluminium MF atau Ca.

Siku Aluminium

siku aluminium adalah salah satu hasil dari ekstrusi yaitu aluminium yang dicetak berbentuk L. Material biasanya digunakan sebagai rangka Acp, yaitu sebagai bracket atau spigot, baik bracket hollow ke siku besi maupun bracket antara Acp ke rangka hollow

Ukurannya adalah ½ x ½ Inchi, ¾ x ¾ Inchi dan banyak lagi ukuran lainnya. Untuk pemasangan Acp ukuran siku yang digunakan adalah k½ x ½ Inchi, ¾ x ¾ Inchi.

Untuk ketebalan, siku aluminium memiliki banyak varian, mulai dari tebal 0.5mm hingga lebih dari 2mm. Untuk pemasangan Acp tebal siku yang digunakan adalah tebal 0.9mm hingga 1.2mm, tergantung dari kondisi pemasangan dan permintaan pelanggan.

Aluminium ekstrusi

Aluminium ekstrusi berasal dari dua kata, yaitu aluminium dan ekstrusi, aluminium adalah unsur kimia yang diperoleh dengan proses pemurnian bijih bauksit untuk memperoleh aluminium oksida (alumina) yang kemudian alumina tersebut dilebur untuk mendapatkan aluminium murni. Proses pemurniannya ini disebut juga proses Bayer dan Hall-Heroult.

Ekstrusi adalah proses untuk memberikan bentuk kepada suatu benda dengan menggunakan cetakan dan tekanan. Untuk memperoleh hasil tertentu proses ekstrusi dapat dilaksanakan dengan madukan beberapa jenis benda.

Keuntungan dari proses ekstrusi adalah kita dapat membuat benda dengan bentuk yang rumit. Aluminium, tembaga, kuningan, baja dan plastik adalah contoh bahan yang paling banyak diproses dengan ekstrusi. Baja juga ada yang di ekstrusi yaitu baja yang digunakan pada rel kereta api.

Jadi Aluminium ekstrusi adalah proses manufaktur atau pencetakan aluminium menjadi bentuk tertentu dengan menggunakan pemanasan dan tekanan. Hollow, kusen, dan beberapa material bangunan yang terbuat dari bahan aluminium adalah contoh dari hasil ekstrusi

logo whastapp gambar hp