Jenis kaca

Kaca bening

Kaca bening sering disebut juga dengan kaca polos, karena tidak berwarna, rata, dan bebas distorsi. Karenanya, kaca ini bisa menghasilkan bayangan sempurna sampai lebih dari 90%. Kaca jenis ini tidak dianjurkan untuk eksterior bangunan bertingkat karena rendahnya kemampuan menahan panas dan sinar matahari. Ketebalan kaca bening terdiri atas 5 mm, 6 mm, dan 8 mm. Ketebalan ini dipilih sesuai dengan ukuran yang akan dibuat. Semakin besar ukurannya, maka sebaiknya menggunakan kaca yang tebal.

Kaca berwarna / tinted glass

Kaca ini sering disebut dengan kaca rayban. Untuk memberikan warna, kaca polos dilapisi dengan lembaran warna yang terbuat dari campuran logam. Kaca rayban mampu menahan panas dan sinar matahari sampai 55%, sehingga mengurangi beban pendingin ruangan dan menjaga privasi penghuninya. Untuk menambah tingkat kegelapannya, kaca rayban bisa dilapisi sampai beberapa kali. Kaca rayban tidak hanya berwarna hitam, tetapi juga warna biru gelap, biru kehijauan, abu-abu gelap, tembaga, dan hijau gelap

Kaca one way

kaca one way, karena akan terlihat trasnparan di satu sisi, tetapi terlihat seperti cermin di sisi lainnya. Kaca cermin dibuat dengan tambahan lapisan oksida logam, melalui proses pyrolisis. Kaca ini sangat sesuai untuk Anda yang menginginkan privasi terjaga.

Kaca Tempered


  • Dikenal umum sebagai kaca pecah jagung atau kaca kristal.
  • Merupakan kaca yang diperkeras dengan proses pemanasan hingga suhu sekitar 650oC kemudian didinginkan tiba-tiba dengan menyemprotkan udara ke kaca.
  • Biasanya digunakan sebagai pintu kaca, partisi kaca, kanopi kaca, kaca shopfront, jendela kaca, skylight, furniture, meja dan lain sebagainya.


Jika Anda menginginkan pintu tanpa frame, railing, dan dinding dari kaca, sebaiknya menggunakan kaca tempered ini. Tetapi, Anda harus membeli kaca tempered dengan ukuran jadi. Karena kaca jenis ini tidak bisa diberi proses lebih lanjut yang akan mengurangi kualitasnya.

Kaca Laminated


  • Lebih umum disebut sebagai kaca triplek atau kaca 2 lapis
  • Terdiri dari 3 lapisan : kaca + film (PVB) + kaca
  • Kekuatan dari laminated glass terletak pada filmnya yang dinamakan PVB (Polyvinyl Butiral Film). Film ini sangat kuat dan liat. Bila terjadi benturan kaca akan tetap menempel pada filmnya.
  • Biasanya digunakan sebagai pintu kaca, partisi kaca, kanopi kaca, kaca shopfront, jendela kaca, skylight dan lain sebagainya.